Teka-Teki Rumah Aneh

1 komentar

"Kita jarang sekali mendengar cerita pasangan yang berubah makin mesra setelah pindah ke hunian baru."

Dalam rangka menyambut kehadiran anak pertama mereka, pasangan Yanaoka berencana membeli sebuah rumah di kawasan Tokyo. Meski second, bangunan rumah yang mereka inginkan tersebut masih terbilang baru. 

Tetapi selama melihat-lihat, Yanaoka merasa ganjil dengan tata letak rumah dua lantai tersebut. Terdapat ruangan misterius di lantai satu yang menghubungkan dapur dan ruang tamu. Di lantai dua pun tata letak kamar tidur juga tak kalah aneh. Bahkan belakangan tersiar berita penemuan mayat tanpa lengan kiri di dekat rumah itu. 

Akhirnya, Yanaoka meminta tolong salah satu temannya yang bekerja sebagai penulis hal-hal ghaib untuk menyelidiki keanehan rumah tersebut sebelum membelinya. Penyelidikan tersebut pun membawa teman Yanaoka kepada sejarah kelam dari pemilik rumah sebelumnya. 

Buku Teka-Teki Rumah Aneh karya Uketsu ini di ceritakan melalui sudut pandang tokoh "aku", jadi seolah-olah Uketsu sendirilah yang menjadi teman Yanaoka dan menyelidiki misteri dari denah rumah aneh itu. 

Dalam penyelidikannya, tokoh "aku" meminta bantuan Kurihara—temannya yang bekerja di bidang arsitektur. Diskusi keduanya tentang keanehan denah rumah membawa mereka ke dalam imajinasi liar hingga merujuk pada isu pembunuhan yang terjadi di sekitar lokasi dekat rumah. 

Baca buku ini tuh seperti dihantui perasaan nggak nyaman, creepy, aneh tapi candu yang bikin susah buat berhenti baca. Karena itulah buku ini bisa aku selesaikan dalam waktu kurang dari 24 jam. Sebuah record baca setelah biasanya bisa baca satu buku sampai berminggu-minggu (kadang berbulan-bulan) untuk menyelesaikannya. 

Narasinya sendiri dikemas dalam bentuk dialog, jadi terasa lebih mudah dipahami. Selain itu narasi tersebut membuat kita sebagai pembaca seolah diikutsertakan dalam diskusi antar tokoh dan berusaha menebak-nebak misteri dibalik rumah aneh tersebut. 

Secara keseluruhan, buku Teka-Teki Rumah Aneh ini aku rekomendasikan bagi pembaca yang tertarik dengan novel misteri pemula tetapi masih bingung mau baca apa. Alurnya ringan dan narasinya mudah dipahami. Jadi nggak bikin dahi terlalu berkerut. 

Meskipun begitu, plot twist yang diberikan dari pertengahan hingga akhir cerita tidaklah mengecewakan. 

Dapatkan buku Teka-Teki Rumah Aneh karya Uketsu di Gramedia.com / Shopee 

Identitas Buku

  • Judul: Teka-Teki Rumah Aneh 
  • Penulis: Uketsu 
  • Penyunting: Juliana Tan
  • Alih Bahasa: Eri Pramestiningtyas
  • Penerbit: GPU 
  • Terbit: April 2023 
  • Tebal: 224 hlm. 
  • ISBN: 9786020669960
Terbaru Lebih lama

Related Posts

1 komentar

  1. Saya sudah punya bukunya tetapi belum dibaca. Dan kata beberapa pembaca, buku ini tuh memang bagus serta punya plot twist yang memuaskan. Saya makin penasaran dengan ceritanya dan pengen segera baca.

    BalasHapus

Posting Komentar