Rekomendasi Novel Fiksi yang Menggetarkan Jiwa: Ketika Bencana Alam Menjadi Inspirasi

Posting Komentar

Siapa yang tidak pernah penasaran dengan kekuatan alam yang dahsyat? Bencana alam, dengan segala keindahan dan keganasannya, selalu menjadi inspirasi bagi para penulis untuk menciptakan cerita-cerita yang memukau. Novel-novel bertema bencana alam tidak hanya menyajikan kisah yang menegangkan, tetapi juga mengundang kita untuk merenung tentang kekuatan alam, keberlangsungan hidup, dan semangat manusia dalam menghadapi cobaan.

Berikut adalah rekomendasi dariku untuk novel yang harus kamu baca dan miliki tentang bencana alam:

1. Hujan - Tere Liye

Menceritakan tentang Esok dan Lail sebagai salah satu karakter utama yang bertemu setelah gunung meletus pada tahun 2042. Akibat efek letusan gunung berapi yang sangat besar, seluruh planet telah memusnahkan manusia, dan hanya meninggalkan populasi sekitar 10% saja.

Berlatar tahun 2041-2050 di masa depan, dimana kecanggihan ilmu teknologi dan pengetahuan telah banyak menggantikan peran manusia. Manusia pun dimanja dengan berbagai teknologi yang ada, dan hal ini membuat Lail ingin memodifikasi ingatannya di pusat terapi saraf karena ingin melupakan tentang bencana hujan yang mengubah hidupnya. 

Beli di: Shopee | Gramedia.com

2. Hafalan Shalat Delisa - Tere Liye

Menceritakan tentang Delisa (6 tahun) yang hidup bersama Ummi Salamah dan ketiga kakaknya. Sementara Abinya, Usman, bekerja di tanker perusahaan minyak Internasional, dan biasa pulang setiap 3 bulan sekali untuk menemui keluarganya. Mereka tinggal bersama di perumahan sederhana di pinggir pesisir pantai Lhok Nga, Aceh. 

Keadaan mendadak berubah ketika gempa dan tsunami Aceh menerjang dan memporak-porandakan tempat tinggal Delisa. Delisa sendiri terombang-ambing di lautan dan ditemukan berhari-hari kemudian dengan keadaan menyedihkan. 

Bersama Abi, Delisa berusaha memulai lagi kehidupan mereka dari awal dan berusaha memahami dengan ikhlas bacaan hafalan shalat hanya karena Allah SWT semata.

Beli di: Shopee | Gramedia.com

3. Your Name - Makoto Shinkai 

Mitsuha Miyamizu, seorang siswi SMA yang tinggal di desa Itomori  daerah pegunungan Hida Prefektur Gifu, mulai bosan dengan kehidupannya di desa dan berharap dilahirkan kembali sebagai seorang pemuda tampan yang tinggal di Tokyo. Taki Tachibana, seorang siswa SMA yang tinggal di Tokyo, terbangun dari tidurnya dan menyadari bahwa dirinya adalah Mitsuha, yang entah bagaimana mereka saling bertukar tubuh.

Taki dan Mitsuha menyadari bahwa mereka berdua saling memasuki tubuh satu sama lain. Mereka pun mulai berkomunikasi satu sama lain dengan saling meninggalkan catatan dan saling membantu dengan kehidupan sosial masing-masing. 

Namun suatu hari, Taki dan Mitsuha tidak lagi saling bertukar tubuh. Taki pun berusaha mencari tempat tempat tinggal Mitsuha berdasarkan sketsa gambar yang ia miliki dan mengetahui fakta bahwa desa yang pernah ia tinggali sebagai Mitsuha telah hancur serta menjadi kawah raksasa karena dihantam pecahan komet Tiamat yang jatuh tiga tahun lalu. 

Beli di: Shopee | Gramedia.com

4. Weathering With You - Makoto Shinkai

Novel ini mengisahkan tentang seorang remaja laki-laki bernama Hodaka Morishima yang melarikan diri dari kehidupan di pedesaan menuju Tokyo. Di kota besar, ia bertemu dengan Hina Amano, seorang gadis misterius yang memiliki kemampuan untuk menghentikan hujan.

Kemampuan Hina menjadi satu-satunya sumber pendapatan Hodaka ketika ia bekerja paruh waktu di sebuah agensi kecil yang memanfaatkan kemampuan Hina untuk "menyewa" cuaca cerah. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka menyadari bahwa kekuatan Hina memiliki konsekuensi yang serius dan mengancam keseimbangan dunia.

Beli di:  Shopee | Gramedia.com

5. Dry - Neal Shusterman

Musim kemarau telah berlangsung lama. Daftar hal-hal yang tidak boleh dilakukan untuk menghemat air bagai tak berujung: jangan menyiram taman, jangan mengisi kolam renang, jangan mandi lama-lama. Lalu, peraturan Keran-Mati diberlakukan. Masyarakat tidak mendapat suplai air. Mendadak daerah tempat tinggal Alyssa berubah menjadi bagaikan zona perang: tetangga dan keluarga berebutan air. Ketika orangtuanya tidak pulang dan hidup Alyssa serta adiknya terancam, gadis itu pun harus mengambil keputusan-keputusan berat jika ingin bertahan hidup.

Beli di: Shopee | Gramedia.com

6. One Amazing Thing - Chitra Banerjee Divakaruni

Berkisah tentang sembilan orang, yang terjebak dalam sebuah kantor permohonan visa Konsulat India di sebuah kota Amerika saat terjadi sebuah gempa dahsyat. Hampir 12 jam berlalu, namun pertolongan tak kunjung datang. Salah seorang dari mereka kemudian mengusulkan agar mereka saling bercerita sebagai pengalih perhatian dari rasa takut. Sebuah cerita yang menjadi momen penting dalam hidup mereka.

Beli di: Shopee | Gramedia.com

7. Dunia Anna - Joestin Gaarder

Bercerita seorang tokoh bernama Anna yang berjumpa dengan cicitnya melalui sebuah mimpi. Akan tetapi, uniknya sang cicit tersebut justru memarahinya lantaran ia sedang meminta dengan tegas agar bumi dikembalikan menjadi asri, tanpa adanya kerusakan lingkungan di dalamnya, tanpa adanya penebangan liar pohon, dan ingin melihat kembali beberapa hewan yang telah punah.

Anna pun kemudian berjuang dan berupaya keras agar bumi ini tidak memusnahkan anak-cucunya kelak.

Beli di: Shopee | Gramedia.com


Dari beberapa judul di atas, adakah yang sudah kamu baca? Atau, ada judul lain bertema serupa tapi belum masuk di daftar di atas. Silakan komen ya.

Related Posts

Posting Komentar