[Review] Drama Korea: Black Out

1 komentar
 

Black Out: Snow White Must Die (2024)
백설공주에게 죽음을-Black Out
MBC | 14 Episode (Ongoing)
Crime/Thriller/Psychological/Mystery
4.0/5.0 🌟 (Sampai episode 8)

Peringatan!!! 

Review bersifat subjektif dan mungkin mengandung spoiler. Jika tidak berkenan, silakan dilewati. 

Sinopsis

Suatu pagi, rumah Go Jung-Woo (Byun Yo-Han) tiba-tiba diserbu para polisi. Jung-Woo dijemput paksa dengan tuduhan telah membunuh sahabatnya, Sim Bo-Young dan pacarnya—Park Da-Eun, pada malam sebelumnya.

Jung-Woo yang masih dalam keadaan pengar ketika dijemput, tidak bisa membela diri. Ia tidak ingat apa yang dilakukannya semalam setelah minum-minum sendirian di rumahnya. Orangtuanya yang sedang berlibur ke luar negeri pun, tidak bisa memberinya alibi.

Sehari sebelum penangkapan, Jung-Woo hanya ingat dia bertengkar hebat dengan Bo-Young karena Park Da-Eun, dan akhirnya membatalkan acara pesta minum-minum kelulusan yang seharusnya Jung-Woo lakukan bersama mereka berdua dan sahabatnya yang lain (Yang Byeong-Moo, Shin Min-Soo, dan Hyun Geon-Oh) di gudang penyimpanan milik keluarga Jung-Woo.

Jung-Woo terlalu marah dengan perkataan Bo-Young yang menuduh Da-Eun selingkuh darinya. Terlebih saat itu hubungan Jung-Woo dan Da-Eun juga sedang tidak baik. Karena tak ingin amarahnya berimbas pada sahabat-sahabatnya, Jung-Woo memilih minum-minum sendirian di rumah hingga tak sadarkan diri dan dijemput paksa polisi esok harinya.

Penyelidikan dan persidangan berlangsung dengan cepat. Semua bukti—lantai mobil yang ternoda darah Bo-Young dan sepatu berlumpur yang terkena darah Da-Eun—dan kesaksian para saksi mengarah kepada Jung-Woo sebagai pelaku utama, meski mayat kedua korban tidak ditemukan Jung-Woo dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

Selama dalam masa kurungan, Jung-Woo kehilangan ayahnya. Sahabat-sahabat yang dulu dekat dengannya juga mendadak menghilang. Hanya Choi Na-Kyeom—teman sekelas Jung-Woo yang sekarang menjadi artis cantik terkenal—yang selalu rutin mengunjunginya.

10 tahun kemudian ketika keluar dari penjara, Jung-Woo berubah dari seorang remaja cemerlang dengan masa depan cerah menjadi seorang mantan narapidana yang dihujat seluruh kota Mucheon.

Awalnya Jung-Woo ingin meninggalkan kota dan memulai awal yang baru dengan ibunya dengan pindah ke kota lain. Namun sebuah kecelakaan yang menimpa ibunya, membuat Jung-Woo tak bisa segera pergi. Terlebih selama 10 tahun terakhir, ternyata mayat Bo-Young dan Da-Eun tak juga ditemukan.

Bertekad untuk menemukan keduanya, Jung-Woo berusaha mengingat apa yang sebenarnya terjadi pada hari itu. Namun keadaan blackout yang dialaminya, membuat Jung-Woo tetap tak ingat apapun.

Saat berusaha mencari petunjuk sendirian,  Jung-Woo secara tidak sengaja bertemu dengan detektif No Sang-Cheol (Ko Jun) yang baru saja dipindahkan dari Seoul. 

Detektif Sang-Cheol awalnya tak suka dengan Jung-Woo seperti pelaku kriminal pada umumnya. Namun kejadian demi kejadian aneh yang menimpa Jung-Woo membuat Sang-Cheol bertanya-tanya, benarkah sosok Jung-Woo seperti yang telah dituduhkan orang-orang padanya? 

Ketika akhirnya mayat Bo-Young ditemukan, dan kepulangan Hyun Geon-Oh—saksi kunci kejadian hari itu—dari luar negeri, membuat Jung-Woo akhirnya tahu apa yang sebenarnya terjadi. 

Dibantu detektif Sang-Cheol, Jung-Woo bertekad untuk membuka sidang kembali dan membersihkan namanya sebelum meninggalkan kota Mucheon. 

Namun belum sempat Geon-Oh memberikan kesaksian di kantor polisi, ia justru bunuh diri. Detektif Sang-Cheol yang sebelumnya telah mengantongi nama-nama pelaku sebenarnya, kemungkinan terpaksa melepaskan mereka karena kurangnya bukti. 

Review 

Satu kalimat yang aku rasain selama nonton Black Out ini adalah pengen banget nyubit ginjalnya temen-temen Jung-Woo, terutama si Min-Soo dan Byeong-Moo. 

Oke, awalnya nonton Black Out ini atas rekomendasi salah satu temen SMA. Sejak nonton Mouse (마우스) yang dibintangi Lee Seung-Gi pada 2021 lalu, kami belum bisa menemukan drakor ber-genre serupa yang sukses bikin suudzon sama para karakter sepanjang pekan. 

Karena, lebih baik suudzon dengan para karakter fiksi daripada suudzon dengan orang disekitar kita yang pada akhirnya hanya menambah dosa. Hehe

Plot Kompleks dan Penuh Kejutan

Sejak episode pertama, penonton langsung disuguhi alur cerita yang penuh teka-teki serta plot twist yang tidak terduga di episode selanjutnya. 

Awalnya sempat menebak, jika pembunuh Bo-Young dan Da-Eun itu si A atau si B yang sekiranya terlalu mencurigakan perannya (juga hasil dari pengalaman nonton drama serupa). Tetapi seiring berjalannya cerita, ternyata plotnya lebih kompleks. 

Bahkan, semakin banyak episode yang tayang, justru semakin dibikin bertanya-tanya; Apa sih yang sebenarnya terjadi pada hari nahas 10 tahun yang lalu itu? Sebenarnya, bagaimana Bo-Young bisa terbunuh? Lalu, dimanakah mayat Da-Eun disembunyikan? Benarkah keduanya dibunuh oleh pelaku yang sama?

Karakterisasi dan Akting yang Memukau

Semua pemain di drama Black Out ini berhasil menghidupkan karakter yang mereka perankan dengan sangat baik. Tak hanya Byun Yo-Han dan Ko Jun sebagai karakter utama dalam drama, tetapi juga para karakter pendukung cerita. 

Seperti yang kubilang di awal  , gemes banget dengan karakter Min-Soo (diperankan oleh Lee Woo-Je) dan Byeong-Moo (diperankan Lee Tae-Gu). Dua sahabat Jung-Woo ini, dulu digambarkan sangat dekat dengan Jung-Woo. Tetapi ketika dia kena musibah, mereka justru memilih menghilang darinya. 

Awalnya, ketika Jung-Woo keluar dari penjara, sempat lega karena Min-Soo yang sudah jadi perawat masih mau berhubungan dengan Jung-Woo. Bahkan Byeong-Moo yang kini jadi polisi juga pun tak memperlakukan Jung-Woo sebagai mantan narapidana seperti masyarakat kebanyakan. 

Namun seiring berjalannya cerita, lama-lama malah pengen nyubit ginjal si Min-Soo dan Byeong-Moo. Mereka itu nggak ada rasa bersalahnya sama sekali. Mereka bahkan berprinsip, segala sesuatu terjadi karena kesalahan Jung-Woo! Jadi apapun yang terjadi, ya itu salah Jung-Woo. 

Selain itu, gemes juga sama bapak-bapak dari Min-Soo dan Byeong-Moo. Mereka adalah contoh orangtua yang buta sama kelakuan anaknya. Meski anak mereka berbuat salah, mereka bakal melakukan segala cara untuk mengeluarkan mereka dari masalah mereka. 

Kelakuan para bapak ini, jadi ngingetin salah para orangtua di novel Tragedi Pedang Keadilan

Adaptasi Novel Jerman

Ternyata, drama Black Out ini merupakan adaptasi dari novel Snow White Must Die (2010) karya penulis Jerman bersama Nele Neuhaus. Sedangkan dramanya sendiri telah selesai syuting pada 2022 lalu. 

Awalnya agak bingung dengan tag line "Snow White Must Die" yang selalu ada pada awal tiap episode. Apakah tag line tersebut mengacu pada salah seorang karakter yang harus mati untuk mengungkap kasus Jung-Woo, atau hanya karena diadaptasi dari novel berjudul sama? Karena secara kebetulan, Na-Kyeom akan membintangi sebuah film berjudul Snow White. 

Sampai episode 8 yang tayang pada Sabtu (7/9) lalu, aku masih belum menemukan jawabannya.

Eksplorasi Psikologi Manusia

Selain bercerita tentang misteri pembunuhan, drama Black Out ini juga menggali lebih dalam tentang psikologi manusia, seperti ingatan, keadilan, dan sisi gelap manusia.

Seperti yang dialami Jung-Woo, ia terkena blackout setelah terlalu banyak minum alkohol. Ia kehilangan ingatan tentang satu hari yang seharusnya sangat penting dalam hidupnya—yang akhirnya merugikan dirinya sendiri.

Lewat Black Out ini penonton diingatkan agar 'Jangan suka mabok deh kalo gak ingin dapat masalah!'. Karena terlalu banyak minum alkohol; Jung-Woo akhirnya kehilangan para sahabat, kehilangan ayah, masa depan dan juga mimpinya. 

Selain itu lewat orang-orang di sekitar Jung-Woo, kita juga diingatkan bahwa setiap manusia menyimpan dan merahasiakan sisi gelap mereka masing-masing.

Apakah Black Out Layak Ditonton?

Bagi kamu penyuka genre thriller dengan plot kompleks dan penuh ketegangan serta untuk menyalurkan hasrat suudzon dan misuh-misuh pada karakter fiksi, Black Out ini adalah pilihan yang tepat.

Selain menawarkan pengalaman menonton yang memuaskan, kamu akan dibuat terus berpikir setelah selesai menontonnya.

Dramanya sendiri saat ini masih tayang di Vidio tiap Jumat-Sabtu. Buat yang tidak terlalu suka dengan drama Korea dengan episode yang panjang, Black Out ini hanya terdiri dari 14 episode. Jadi aman banget untuk ditonton marathon akhir pekan ini.

Tapi siap-siap saja dibikin misuh-misuh setelah selesai nonton :))

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar